Alamat

Jl. Jaksa Agung Suprapto No 76 Lamongan 62215, Tlp 0322-322834, 08885035624, 08123082211 (Hunting), Fax. 0322-314048

25 Okt 2014

Jus Buah 'Sama Buruknya' Dengan Minuman Manis, Kata Peneliti

Dilihat:



Dua peneliti medis menulis di salah satu jurnal The Lancet menyatakan bahwa karena kandungan gula yang tinggi, jus buah bisa sama buruk bagi kita sebagai minuman bergula seperti minuman berkarbonasi dan soda.
Naveed Sattar, profesor Metabolic Medicine, dan Dr Jason Gill, baik dari Institut Jantung dan Ilmu Kedokteran di University of Glasgow di Skotlandia, meminta pemerintah Inggris untuk mengubah arus "lima hari" pedoman untuk mengecualikan porsi jus buah dari daftar buah-buahan dan sayuran porsi yang menghitung ke arah itu.
Dalam tulisan mereka, yang diterbitkan dalam The Lancet Diabetes & Endokrinologi, mereka mengusulkan bahwa termasuk jus buah sebagai salah satu dari lima hari adalah "mungkin kontra-produktif," karena menyebabkan orang untuk mempertimbangkan jus buah sebagai makanan sehat yang tidak perlu menjadi terbatas, seperti halnya dengan makanan yang kurang sehat.
Mereka juga mendesak perusahaan makanan untuk meningkatkan wadah pelabelan jus buah untuk menginformasikan konsumen mereka harus minum tidak lebih dari 150 ml sehari produk.
Jus buah telah datang di bawah sorotan sejak ahli medis baru-baru ini mulai melihat lebih dekat pada hubungan antara asupan gula tinggi dan risiko penyakit jantung.
Pada tahun 2012, para peneliti di Harvard melaporkan dalam jurnal Circulation bahwa konsumsi harian minuman manis meningkatkan risiko penyakit jantung pada pria. Dua tahun sebelumnya, para peneliti menyajikan pada konferensi American Heart Association mengatakan konsumsi Amerika 'lebih tinggi dari minuman manis telah menyebabkan lebih diabetes dan penyakit jantung selama dekade terakhir.

Jus buah bukan merupakan alternatif rendah gula untuk minuman bergula

Dr. Gill mengatakan "tampaknya ada kesalahan persepsi yang jelas bahwa jus buah dan smoothie alternatif rendah gula untuk minuman bergula."
Prof. Sattar menjelaskan:
"Jus buah memiliki kepadatan kalori dan kadar gula yang sama dengan minuman manis lainnya, misalnya:. 250 ml jus apel biasanya mengandung 110 kkal dan 26 g gula, dan 250 ml cola biasanya berisi 105 kkal dan 26,5 g gula."
Dia mengatakan penelitian mulai menunjukkan bahwa tidak seperti asupan buah yang solid, yang konsumsi tinggi muncul terkait baik untuk mengurangi atau netral risiko untuk diabetes, asupan jus buah yang tinggi terkait dengan mengangkat risiko untuk diabetes.
Pieces of fruit and fruit juice
"Satu gelas jus buah mengandung substansial lebih banyak gula dari satu sepotong buah."
"Satu gelas jus buah mengandung substansial lebih banyak gula dari satu sepotong buah, di samping itu, banyak kebaikan dalam buah - serat, misalnya - tidak ditemukan dalam jus buah, atau ada dalam jumlah yang jauh lebih kecil," tambahnya.
Meskipun jus buah mengandung vitamin dan mineral yang sebagian besar tidak ada dalam minuman bergula, tingkat nutrisi dalam jus buah tidak cukup untuk mengimbangi efek tidak sehat konsumsi berlebihan pada metabolisme, kata Dr Gill.
Dalam tulisan mereka mereka mengacu pada percobaan di mana peserta minum setengah liter jus anggur murni setiap hari selama 3 bulan. Dan hasilnya menunjukkan bahwa meskipun sifat antioksidan jus anggur yang tinggi, menyebabkan peningkatan resistensi insulin dan pinggang yang lebih besar pada orang dewasa kelebihan berat badan.

Kesadaran masyarakat kurang tentang jumlah gula dalam jus buah

Para peneliti juga melaporkan polling online dari lebih dari 2.000 orang dewasa yang menguji kesadaran masyarakat akan kandungan gula dari jus buah. Responden diminta untuk melihat gambar kontainer diisi dengan minuman non-alkohol dan memperkirakan berapa banyak sendok teh gula masing-masing berisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun semua minuman memiliki kadar gula yang sama, rata-rata responden meremehkan kadar gula dari jus buah dan smoothie dengan 48%, dan berlebihan bahwa minuman berkarbonasi dengan rata-rata 12%.
Prof Sattar mengatakan ada alasan kesehatan publik yang kuat untuk mengenakan pajak atau menargetkan minuman manis dalam beberapa cara, sehingga dapat mengurangi konsumsi. Tapi dia dan Dr. Gill tidak pergi sejauh untuk mengadvokasi anak-anak seharusnya tidak minum jus buah sama sekali, yang adalah apa yang beberapa telah menyerukan di Amerika Serikat.
Mereka, bagaimanapun, mendesak para pembuat kebijakan kesehatan masyarakat untuk memasukkan jus buah ketika mereka memperdebatkan isu minuman bergula.
Ditulis oleh Catharine Paddock PhD
Copyright: Medical News Today

0 comments :

Posting Komentar