Alamat

Jl. Jaksa Agung Suprapto No 76 Lamongan 62215, Tlp 0322-322834, 08885035624, 08123082211 (Hunting), Fax. 0322-314048

8 Jul 2014

ASI eksklusif

Dilihat:


ASI eksklusifHari ini, 29 April 2012, ada 13 bayi baru lahir (usia dibawah 28 hari) yang kontrol ke poli Anak RSML untuk imunisasi. Semuanya lahir di RS Muhammadiyah Lamongan. Alhamdulillah, dari 13 pasien, semuanya berhasil mendapatkan ASI saja. Minuman penuh mukjizat, terbaik untuk bayi anda.

Dari 14 bayi, 4 diantaranya adalah bayi kembar 2. Salut untuk ibunda si kembar....

Keberhasilan pemberian ASI eksklusif dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain: motivasi dan kesiapan (baik mental maupun fisik) sang ibu, dukungan dari keluarga, kondisi kesehatan ibu dan yang paling penting: support dari tenaga kesehatan penolong persalinan, beserta kebijakan sarana kesehatan  tempat ibu bersalin.

Dimulai saat ibu hamil trimester 3, hendaknya sudah mulai diberikan edukasi yang informatif dan persuatif tentang metode menyusui yang benar, cara perawatan payudara selama hamil dan yang paling penting meningkatkan rasa percaya diri.

Program "Inisiasi Menyusu Dini (IMD)" menjadi program yang penting terkait keberhasilan ASI eksklusif. INISIASI Menyusu Dini adalah proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan, di mana bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri.

Selanjutnya bayi harus segera dirawat gabung dengan ibunya, sehingga setiap kali bayi membutuhkan minum, ibu segera memberikan ASI dengan menyusui secara langsung.

Pada kondisi tertentu, dimana ibu tidak bisa menyusui atau karena kondisi ibu belum memungkinkan, bisa diberikan minuman alternatif sebagai ganti ASI, tetapi cara pemberiannya dengan "cangkir bayi" atau baby cup feeder, dan bukan dengan "botol  susu".
Pemberian ASI atau minuman lain melalui botol susu akan menyebabkan kondisi "bingung puting"

Di RS Muhammadiyah Lamongan sendiri sudah menerapkan program "sayang bayi", dimana pemberian ASI pada bayi baru lahir menjadi suatu "keharusan", tentu dengan beberapa perkecualian.


Program ini, tentu bukanlah program besar yang akan bisa mewujudkan generasi Indonesia di masa yang akan datang menjadi generasi rabbani yang "rahmatan lil 'alamin". Tapi setidaknya program ini merupakan program nyata yang kami harapkan bisa bermakna memberikan kontribusi bagi pengentasan bangsa dari keterpurukan.

0 comments :

Posting Komentar