Alamat

Jl. Jaksa Agung Suprapto No 76 Lamongan 62215, Tlp 0322-322834, 08885035624, 08123082211 (Hunting), Fax. 0322-314048

10 Sep 2014

Peranan Cholesterol Terhadap Penyakit Jantung dan Stroke

Dilihat:

Penyakit Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. Kelainan fraksi lipid yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, serta penurunan kadar kolesterol HDL. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit degeneratif yang makin lama makin banyak yang menderitanya karena perubahan pola hidup yang tidak sehat, resiko besar pada penyakit ini akan meningkatkan terjadinya arterosklerosis yang merupakan dasar dari penyakit kardiovaskular yang merupakan penyebab kematian utama di Negara maju. Di Negara sedang berkembang termasuk negara kita, prevalensi Penyakit Kardiovaskuler Aterosklerosis (PKVAS) seperti jantung Koroner, Stroke dan lain – lain semakin meningkat terutama di perkotaan. Dari penelitian menunjukkan bahwa kejadian PKVAS, baik penyakit Jantung Koroner maupun Stroke dapat dicegah dengan cara melakukan pencegahan terhadap seluruh faktor risikonya dimana diketahui bahwa Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko utama PKVAS.

Apakah Cholesterol ??
Cholesterol adalah suatu zat yang dihasilkan oleh hati dan dapat ditemukan di seluruh tubuh. Zat ini juga tersedia dalam makanan yang berasal hewan seperti daging. Unggas, ikan dan makanan yang mengandung susu. Cholesterol sendiri mempunyai peran dalam membentuk beberapa jenis hormone, mempengaruhi pemeliharaan sel – sel dan jaringan.
Ada beberapa jenis cholesterol : Cholesterol HDL, Cholesterol LDL dan Cholesterol Total
Apakah LdLCholesterol  itu ???
         Di dalam darah Cholesterol dan lemak lainnya tidak dapat larut, mereka diangkut ke seluruh tubuh dengan suatu protein khusus yang disebut lipoprotein.
Low Density Lipoprotein (LDL) adalah pembawa mayoritas cholesterol dalam darah dan cholesterol yang terkandung di dalam LDL ini sering disebut Cholesterol LDL dan lebih dikenal dengan Cholesterol Jahat. 
            Mengapa disebut jahat ? Terlalu banyak LDL yang beredar dalam sirkulasi darah, secara bertahap dapat membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah ateri menyebabkan Aterosklerosis, yaitu proses pengerasan dan penyempitan pembuluh darah ateri . Sumbatan dapat menjadi gumpalan beku (Trombus) yang dapat menghalangi jalannya aliran darah, jika aliran darah tersebut menuju jantung akan menjadi Infark Myokard (serangan jantung), jika menghalangi aliran darah ke otak akan menyebabkan stroke.
           Apakah HDL Cholesterol Itu??
         HDL Cholesterol bertugas mengantar cholesterol dari jaringan tubuh menuju hati.dan biasa di kenal dengan Cholesterol Baik, karena semakin tinggi kadar cholesterol HDL resiko terkena serangan jantug menjadi rendah, sehingga dikatakan mempunyai proteksi terhadap penyakit jantung koroner.
Kadar Cholesterol yang baik :

Optimal
(mg/dl)
Normal
(mg/dl)
Resiko Tinggi
(mg/dl)
LDL
<100
100 - 129
> 130
HDL
> 60
40 – 59
< 40
TG
< 150
150 – 199
> 200
Total Chol
< 200
200 - 239
> 240
From :
(National Cholesterol Educational Program ATP III)


0 comments :

Posting Komentar